Perbandingan kemampuan aerobic dan anaerobic antara atlet kata dan kumite cabang olahraga karate

Ersha Ady Nickytha and Mustika Fitri and Kuston Sultoni (2019) Perbandingan kemampuan aerobic dan anaerobic antara atlet kata dan kumite cabang olahraga karate. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5 (2): 3. pp. 184-197. ISSN 2548 – 7833

[thumbnail of Jurnal_Ersha Ady Nickytha_Universitas Pendidikan Indonesia_2019-3.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Ersha Ady Nickytha_Universitas Pendidikan Indonesia_2019-3.pdf

Download (705kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan aerobic dan anaerobic antara atlet kata dan kumite. Peneliti ingin menunjukkan bahwa kemampuan aerobic dan anaerobic berbeda dalam masing – masing kategori karena karakteristik gerakan dalam kebutuhan pertandingan yang berbeda pada masing – masing kategori. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi komparatif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain kausal komparatif. Sebanyak 20 atlet karate menjadi sampel dalam penelitian ini yang terdiri dari atlet kata dan kumite yang masing – masing kategorinya berjumlah 10 orang menggunakan pengambilan sampling yaitu teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan Independent Sampel t – test. Hasil penelitian menyatakan bahwa perbedaan signfikan pada taraf alpha 0.05 antara lain data kemampuan aerobic yaitu nilai Sig. 0.253 yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan aerobic antara atlet kata dan kumite. Sama halnya dengan hasil kemampuan aerobic, hasil data kemampuan anaerobic mempunyai nilai Sig. 0.860 sehingga diputuskan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan anaerobic antara atlet kata dan kumite cabang olahraga karate.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: aerobic, anaerobic, kata, kumite
Subjects: Health Resources
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:03
Last Modified: 14 Jul 2023 02:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18723

Actions (login required)

View Item
View Item