Efektivitas penerapan video feedback (VFB) terhadap motivasi belajar pada pembelajaran futsal

Oman Hadiana and Ribut Wahidi and Sartono (2020) Efektivitas penerapan video feedback (VFB) terhadap motivasi belajar pada pembelajaran futsal. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6 (1): 15. ISSN 2548 – 7833

[thumbnail of Jurnal_Oman Hadiana_STKIP Muhammadiyah Kuningan_2020-15.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Oman Hadiana_STKIP Muhammadiyah Kuningan_2020-15.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan videofeedback (VFB) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Metode dalam penelitian adalah eksperimen dengan desain the randomized posttest-only control group design. Penelitian dilaksanakan di STKIP Muhammadiyah Kuningan pada Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) dengan sampel berjumlah 49 mahasiswa, 23 mahasiswa diberikan feedback dengan VFB dan 26 mahasiswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen untuk mengukur motivasi menggunakan kuesioner Situational Motivation Scale (SIMS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki motivasi lebih signifikan setelah diberi perlakuan VFB dalam pembelajaran futsal daripada kelas kontrol. Aktivitas pembelajaran futsal dengan menggunakan VFB merupakan salah satu strategi guru pendidikan jasmani dalam rangka mengoptimalkan lingkungan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan kompetensi, meningkatkan keterampilan bermain, dan eksplorasi dalam kegiatan fisik motorik. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan VFB dalam rangka perolehan keterampilan teknik bermain futsal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: feedback, futsal, motivasi, pembelajara
Subjects: Health Resources
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 07 Jul 2023 04:16
Last Modified: 07 Jul 2023 04:16
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18624

Actions (login required)

View Item
View Item