Penerapan metode Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Penerus Bangsa Kota Tangerang

Candra Puspita, Rini and Asep, Suherman (2019) Penerapan metode Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Penerus Bangsa Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4 (2): 5. pp. 150-163. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Candra Puspita Rini_Universitas Muhammadiyah Tangerang_2019-5.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Candra Puspita Rini_Universitas Muhammadiyah Tangerang_2019-5.pdf - Published Version

Download (622kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas VI SD Penerus Bangsa Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian kali ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrument yang digunakan pada penelitian kali ini adalah lembar observasi hasil belajar afektif dan psikomotor. Tes belajar kognitif dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor pada penerapan metode pembelajaran Group Investigation (GI). Peningkatan hasil belajar IPA siswa terlihat pada hasil penelitian siklus I yaitu rata-rata hasil belajar sebesar 73,77 dengan aspek kognitif sebesar 72,5, pada aspek afektif sebesar 61,76 dan psikomotor sebesar 87,06. Pada siklus II meningkat menjadi 83,64 dengan pembagian aspek kognitif sebesar 83.09 dan afektif sebesar 84,19 dan ketuntasan klasikal kelas sebesar 100% meliputi kognitif, afektif dan psikomotor.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Group investigation, IPA
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 21 Jun 2023 05:41
Last Modified: 21 Jun 2023 05:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18403

Actions (login required)

View Item
View Item