Ranti Santika Dewi and Rostina Sundayana and Reni Nuraeni (2020) Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence antara siswa yang mendapatkan DL dan PBL. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (3): 10. pp. 463-474. ISSN 2086-4280
9_3_2020_463-474_2086-4280_10.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan Self Confidence siswa berpengaruh terhadap prestasi dalam pembelajaran matematika. Perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan Self Confidence siswa salah satunya dengan menggunakan model Discovery Learning dan Problem Based Learning. Tujuan penelitian untuk menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan Self Confidence antara siswa yang mendapatkan model Discovery
Learning dan Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Garut. Sampel pada penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 sebanyak 35 siswa yang mendapat model Discovery Learning dan X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 sebanyak 33 siswa yang mendapat model Problem Based Learning. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian dan angket skala Bandura. Berdasarkan hasil analisis secara statistik diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mendapatkan model Discovery Learning dan Problem Based Learning serta terdapat perbedaan peningkatan Self Confidence antara siswa yang mendapatkan model Discovery Learning dan Problem Based Learning.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mathematical communication skills, model discovery learning, problem based learning model, self confidence, mathematical learning model, senior high school education, self concept |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Lukman Budiman |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 06:30 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 06:30 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18230 |