Self-efficacy calon guru matematika

Tina Sri Sumartini (2020) Self-efficacy calon guru matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (3): 6. pp. 419-428. ISSN 2086-4280

[thumbnail of 9_3_2020_419-428_2086-4280_6.pdf]
Preview
Text
9_3_2020_419-428_2086-4280_6.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Self-efficacy calon guru matematika masih kurang. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis mengenai self-efficacy calon guru matematika sehingga dapat diketahui aspek self-efficacy yang perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis self-efficacy calon guru matematika dalam mengajar matematika. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak tiga orang calon
guru matematika jurusan pendidikan matematika di Institut Pendidikan Indonesia. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa calon guru matematika memiliki keyakinan dalam penguasaan pengetahuan matematika, namun merasa kurang yakin bahwa dirinya mampu untuk menyampaikan materi matematika kepada siswa. Kurangnya keyakinan ini berakibat pada kemampuan pedagogis calon guru matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: self efficacy, pedagogical ability, prospective mathematics teachers, efficacy expectations, pedagogical research, mathematical techniques
Subjects: Problem Solving Information for State & Local Governments > Human Resources
Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Lukman Budiman
Date Deposited: 08 Sep 2023 05:28
Last Modified: 08 Sep 2023 05:28
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18223

Actions (login required)

View Item
View Item