Yayan Eryk Setiawan (2020) Proses perpikir Siswa dalam memperbaiki kesalahan generalisasi pola linier. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (3): 2. pp. 371-382. ISSN 2086-4280
9_3_2020_371-382_2086-4280_2.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Masih banyak kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menggeneralisasi pola linier yang disebabkan fokus pada data numerik. Siswa-siswa yang mengalami kesalahan ini penting diberikan kesempatan kembali untuk memperbaiki kesalahan dalam menggeneralisasi pola linier. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses berpikir siswa dalam memperbaiki kesalahan generalisasi pola linier. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus terhadap 2 siswa kelas VIII sekolah menengah pertama yang berhasil memperbaiki kesalahan generalisasi pola linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis proses berpikir dalam memperbaiki kesalahan generalisasi pola linier, yaitu memperbaiki dengan
menguji dan mencoba, serta memperbaiki dengan mengganti strategi generalisasi. Proses memperbaiki dengan menguji dan mencoba terdiri dari tiga tahap, yaitu: tahap mencari beda, tahap menguji, dan tahap mencoba. Proses memperbaiki dengan mengganti strategi generalisasi terdiri dari tiga tahap, yaitu: tahap mencari beda, tahap mengganti strategi generalisasi, dan tahap menemukan rumus suku ke-n. Cara yang paling efektif untuk memperbaiki kesalahan generalisasi pola linier adalah dengan cara mengganti strategi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Mathematical Sciences > Operations Research |
Depositing User: | - Lukman Budiman |
Date Deposited: | 23 Jun 2023 03:18 |
Last Modified: | 23 Jun 2023 03:18 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18202 |