Hubungan antara citra perusahaan dengan loyalitas pelanggan pada PT. Tiki Jalur Nugraha Eka Kurir (JNE) agen Sayang Jatinangor

Taufiq, Hidayat (2022) Hubungan antara citra perusahaan dengan loyalitas pelanggan pada PT. Tiki Jalur Nugraha Eka Kurir (JNE) agen Sayang Jatinangor. Manajemen dan Pariwisata, 1 (2): 10. pp. 270-282. ISSN 2829-5692

[thumbnail of Jurnal_Taufiq Hidayat_STIE Pariwisata Yapari Bandung_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Taufiq Hidayat_STIE Pariwisata Yapari Bandung_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (447kB) | Preview

Abstract

Berkembangnya bisnis online shop sekarang ini telah mengakibatkan persaingan antar perusahaan yang bergerak di bidang jasa ekspedisi tak terelakkan lagi termasuk pada perusahaan jasa pengiriman paket. PT. Tiki Nugraha Eka Kurir atau JNE memiliki citra yang baik di mata masyarakat dan memiliki pelanggan yang loyal terbukti dengan mendapat anugrah penghargaan bergengsi yaitu Indonesia Top Digital Public Relation Award 2022 untuk ketiga kalinya semenjak tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penilaian pelanggan tentang citra perusahaan yang terbentuk, bagaimana loyalitas mereka terhadap perusahaan, dan seberapa besar hubungan antara citra perusahaan dengan loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah survei, dan teknik pengambilan sampel dengan probabilitas atau acak. Cara pengambilan sampel adalah dengan simple random sampling dengan cara sistematis atau ordinal, sedangkan teknik dalam pengumpulan data adalah studi kepustakaan, studi lapangan dan kuesioner yang disebarkan pada 25 responden. Untuk teknik analisis data menggunakan MSI, dan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t. Dari hasil penelitian didapat bahwa citra yang terbentuk sudah baik tetapi masih dapat lebih dioptimalisasi lagi. Untuk tingkat loyalitas pelanggan relatif sedang, dengan kata lain pelanggan masih berpeluang untuk beralih pada perusahaan pesaing sehingga seharusnya perusahaan dapat menerapkan strategi yang lebih baik lagi untuk memantapkan rasa loyalitas dari para pelanggannya. Hasil perhitungan diperoleh total pengaruh sebesar 46,10% dan signifikan, sisanya sebesar 53,90% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Citra perusahaan, Loyalitas pelanggan, Jasa ekspedisi
Subjects: Administration & Management > Management Practice
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:57
Last Modified: 05 Jun 2023 04:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17560

Actions (login required)

View Item
View Item