Pengaruh fasilitas wisata dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung

Mohamad, Ridwan and Erie, Hidayat Sukriadi (2022) Pengaruh fasilitas wisata dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung. Manajemen dan Pariwisata, 1 (2): 4. pp. 201-214. ISSN 2829-5692

[thumbnail of Jurnal_Mohamad Ridwan_STIE Pariwisata Yapari Bandung_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Mohamad Ridwan_STIE Pariwisata Yapari Bandung_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (781kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait Fasilitas Wisata dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung Tahura Ir. H. Djuanda Bandung. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui adakah pengaruh fasilitas wisata terhadap kepuasan pengunjung, kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung, dan seberapa besar pengaruh fasilitas wisata dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung di Tahura Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metodepenelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, juga studi pustaka dari berbagai literatur baik online maupun buku. Populasi dari penelitian ini adalah para pengunjung Tahura dengan sample yang dilakukan terdapat 100 responden dengan menggunakan metode probability sampling dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan fasilitas wisata dan kualitas pelayanan yang diberikan Tahura Ir. H. Djuanda Bandung belum mendapat respon yang baik dari responden, adanya pengaruh fasilitas wisata dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung Tahura Ir. H. Djuanda Bandung. Hasil Perhitungan berdasarkan koefisien determinasi menunjukkan bahwa R2 adanya pengaruh hubungan yang sangat kuat antara indikator fasilitas wisata, kualitas pelayanan dan kepuasan pengunjung yaitu sebesar 43,1% sedangkan 56,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti citra destinasi, harga dan physical evidence. Sementara hasil uji simultan diketahui bahwa fasilitas wisata dan kualitas pelayanan secara sama-sama (simultan) berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Fasilitas wisata, Kualitas layanan, Kepuasan pengunjung
Subjects: Administration & Management > Management Practice
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 04 Jun 2023 23:54
Last Modified: 03 Jan 2024 14:51
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17552

Actions (login required)

View Item
View Item