Mohamad, Ridwan and Erie, Hidayat Sukriadi (2022) Pengaruh fasilitas wisata dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung. Manajemen dan Pariwisata, 1 (2): 4. pp. 201-214. ISSN 2829-5692
Jurnal_Mohamad Ridwan_STIE Pariwisata Yapari Bandung_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (781kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait Fasilitas Wisata dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung Tahura Ir. H. Djuanda Bandung. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui adakah pengaruh fasilitas wisata terhadap kepuasan pengunjung, kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung, dan seberapa besar pengaruh fasilitas wisata dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung di Tahura Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metodepenelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, juga studi pustaka dari berbagai literatur baik online maupun buku. Populasi dari penelitian ini adalah para pengunjung Tahura dengan sample yang dilakukan terdapat 100 responden dengan menggunakan metode probability sampling dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan fasilitas wisata dan kualitas pelayanan yang diberikan Tahura Ir. H. Djuanda Bandung belum mendapat respon yang baik dari responden, adanya pengaruh fasilitas wisata dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung Tahura Ir. H. Djuanda Bandung. Hasil Perhitungan berdasarkan koefisien determinasi menunjukkan bahwa R2 adanya pengaruh hubungan yang sangat kuat antara indikator fasilitas wisata, kualitas pelayanan dan kepuasan pengunjung yaitu sebesar 43,1% sedangkan 56,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti citra destinasi, harga dan physical evidence. Sementara hasil uji simultan diketahui bahwa fasilitas wisata dan kualitas pelayanan secara sama-sama (simultan) berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas wisata, Kualitas layanan, Kepuasan pengunjung |
Subjects: | Administration & Management > Management Practice Economics and Business > Consumer Affairs |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 04 Jun 2023 23:54 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 14:51 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/17552 |