Kerugian tekanan pada pipa uji horizontal sistem Engineering Loop NILO I

Masri, Zulfikar Yahya and Henky, P and Raharjo, Raharjo and B., Soekodijat (1994) Kerugian tekanan pada pipa uji horizontal sistem Engineering Loop NILO I. In: Proceedings Seminar Sains dan Teknologi Nuklir PPTN-BATAN, 7-9 Februari 1994, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Masri Z Y_Pusat Penelitian Nuklir Yogyakarta_1994.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Masri Z Y_Pusat Penelitian Nuklir Yogyakarta_1994.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (971kB) | Preview

Abstract

Engineering loop adalah suatu alat simulasi yang dapat digunakan untuk mempelajari proses perpindahan panas yang terjadi dari elemen bakar ke fluida pendingin suatu reaktor nuklir. Fasilitas pipa uji pada engineering LOOP merupakan simulasi kanal di antara bahan bakar reaktor, sedangkan sumber panasnya diberikan dari pemanas listrik melalui pemanas mula (preheater) dan pemanas lanjut (rectifier). Proses perpindahan panas dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain oleh sifat kecepatan dan tekanan fluida, pada penelitian ini faktor kerugian tekanan karena ketinggian diabaikan. karena adanya pengaruh dari faktor-faktor tersebut, maka daya pemanasan pada pipa uji menjadi tidak merata. Sehingga perlu diteliti pengaruh-pengaruh tersebut di sepanjang pipa uji. Dalam hal ini hanya akan ditinjau dari kerugian tekanan sepanjang pipa uji saja. Dengan mengetahui tekanan masukan dan keluaran pada pipa uji, maka dapat diketahui beda tekanan yang terjadi pada setiap jarak yang ditentukan sepanjang pipa uji, di mana dalam perhitungan metode yang digunakan adalah persamaan dari ENERGI. Karena percobaan yang dilakukan pada posisi horizontal maka faktor gravitasi dapat diabaikan. Di samping itu untuk mempermudah perhitungan karena kondisi pipa yang panjang, di samping persamaan energi maka dipergunakan jua rumus DARCY NUMBER.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Reaktor, Nuklir, Pipa Uji
Subjects: Taksonomi BATAN > Reaktor Nuklir > Perencanaan Sistem Energi Nuklir > Kajian Infrastruktur Sistem Energi Nuklir
Taksonomi BATAN > Reaktor Nuklir > Perencanaan Sistem Energi Nuklir > Kajian Infrastruktur Sistem Energi Nuklir
Divisions: BATAN > Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan
IPTEK > BATAN > Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 30 May 2023 02:13
Last Modified: 30 May 2023 02:13
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17410

Actions (login required)

View Item
View Item