Analisis Keterkaitan Semburan Radio Matahari tipe II CME dan flare dengan menggunakan pendekatan kinematis

Johan, Muhamad (2010) Analisis Keterkaitan Semburan Radio Matahari tipe II CME dan flare dengan menggunakan pendekatan kinematis. Matahari dan Lingkungan Antariksa, Seri ke-4, Edisi 2010. pp. 9-16.

[thumbnail of Bunga Rampai_ Johan Muhamad _LAPAN_2010.pdf]
Preview
Text
Bunga Rampai_ Johan Muhamad _LAPAN_2010.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterkaitan antara flare, CME, dan semburan radio Matahari dianalisis berdasarkan besar kecepatan dan energi kinetiknya. Dengan menggunakan model Newkirk untuk kerapatan elektron di korona, ketinggian gelombang kejut saat semburan radio tipe II terdeteksi dapat ditentukan. Ketinggian ini dibandingkan dengan ketinggian CME basil pengamatan satelit SOHO untuk kemudian dibuat hubungannya dengan kecepatan penurunan frekuensi semburan radio. Berdasarkan kecepatan perubahan ketinggian gelombang kejut dan CME ini, energi penjalaran partikel dapat diperkirakan dan hasilnya dibandingkan dengan kekuatan flare. Dalam makalah ini, teknik analisis kinematis untuk ketiga peristiwa di Matahari diperkenalkan dan dipergunakan untuk memperkuat dugaan bahwa flare, CME, dan semburan radio tipe II tidak hanya berkaitan secara temporal., tapi juga secara kinematis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Semburan radio tipe II, Flare, Solar radio bursts, CME, Gelombang kejut
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Matahari dan Astrofisika
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 26 May 2023 08:16
Last Modified: 26 May 2023 08:16
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17270

Actions (login required)

View Item
View Item