Penerapan model pembelajaran kooperatif Meaningful Instructional Design (MID) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V UPTD SD Negeri 61 Parepare

Zaid Zainal (2022) Penerapan model pembelajaran kooperatif Meaningful Instructional Design (MID) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V UPTD SD Negeri 61 Parepare. J-P.iMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1). pp. 475-481. ISSN 2684-7981

[thumbnail of Jurnal_Zaid Zainal_Universitas Negeri Makassar_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Zaid Zainal_Universitas Negeri Makassar_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (245kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model MID dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa di kelas V UPTD SDN 61 Parepare.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model MID dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa di kelas V UPTD SDN 61 Parepare. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan, kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada siklus I hasil observasi aktivitas guru yaitu 66,66% dengan kategori cukup dan observasi aktivitas siswa 61,43% dengan kategori cukup. Pada siklus II menunjukkan peningkatan hasil observasi aktivitas guru menjadi 88,88% dengan kategori baik dan observasi aktivitas siswa meningkat menjadi 84,31% dengan kategori baik. Hasil penelitian terkait dengan hasil belajar pada siklus I hanya 58,82% siswa yang tuntas dengan rata-rata 69,70. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,23% siswa yang tuntas dengan rata-rata 83,52. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model MID untuk meningkatkan hasil belajar Matematika Siswa Kelas V UPTD SDN 61 Parepare.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model kooperatif MID; proses belajar dan hasil belajar
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 09 Jun 2023 21:29
Last Modified: 09 Jun 2023 21:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17076

Actions (login required)

View Item
View Item