Alifa, Shafira Dina and Lukita, Ambarwati and Meiliasari, Meiliasari (2022) Literature review: faktor kecemasan matematika siswa dan upaya mengatasinya. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1): 2. pp. 443-450. ISSN 2684-7981
Jurnal_Alifa Shafira Dina_Universitas Negeri Jakarta_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (339kB) | Preview
Abstract
Artikel ini ditulis dengan metode literature review yang berfokus pada “faktor kecemasan matematika siswa dan upaya mengatasinya”. Kecemasan matematika merupakan salah satu faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa. Sebanyak 26 artikel telah dianalisis sehingga menghasilkan sebuah artikel literature review. Hasil dari analisis didapatkan pengertian kecemasan dan kecemasan matematika, faktor-faktor penyebab kecemasan matematika, dan juga upaya mengatasi kecemasan matematika siswa. Kecemasan merupakan suatu proses emosi seseorang ketika merasakan kekhawatiran dan kegelisahan sehingga terjadi tekanan perasaan.Kecemasan matematika merupakan perasaan yang muncul ketika seseorang dihadapkan dengan sesuatu yang berhubungan dengan matematika, baik itu saat pembelajaran berlangsung, saat tes matematika, atau saat dikehidupan sehari-hari yang membutuhkan perhitungan matematika. Ada tiga faktor yang memengaruhi kecemasan matematika, yaitu faktor kepribadian, faktor intelektual, dan faktor lingkungan. Upaya siswa agar dapat mengurangi kecemasan matematika yang mereka rasakan dengan mengurangi pemikiran negatif terhadap matematika, percaya diri dengan kemampuan dirinya, menciptakan lingkungan belajar yang santai dan tenang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan, Kecemasan matematika, Faktor penyebab kecemasan matematika, Upaya mengatasi kecemasan matematika |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 24 May 2023 01:56 |
Last Modified: | 24 May 2023 01:56 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/17071 |