Tania, Emmanuela Mulyono and Yohanes, Sondang Kunto (2022) Pengaruh brand association dan nutrition label terhadap perilaku pasca pembelian Cimory Yogurt: efek moderasi family orientation. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16 (2): 9. pp. 133-139. ISSN 1907-235X
Jurnal_Tania Emmanuela Mulyono_Universitas Kristen Petra Surabaya_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (710kB) | Preview
Abstract
Cimory berusaha menciptakan brand association positif secara unik dengan memasangkan produk susu mereka dengan taman (edukasi) hiburan dan restoran. Menimbang produk susu, termasuk yogurt, dianggap oleh banyak orang sebagai produk yang sehat, peneliti tertarik untuk mempelajari pikiran konsumen tentang pengaruh brand association dan nutrition label terhadap perilaku pasca pembelian Cimory Yogurt. Data berasal dari 126 konsumen Cimory Yogurt yang tinggal di Jakarta dan Surabaya. Menggunakan analisis regresi linear berganda, peneliti kemudian menyertakan efek moderasi psikografis family orientation ke dalam model. Hasil menunjukkan bahwa brand association berpengaruh positif baik terhadap minat beli kembali maupun minat untuk merekomendasikan. Lebih jauh, pengaruh brand association tersebut semakin kuat jika konsumen berasal dari segmen family-oriented. Pengaruh yang demikian tidak terjadi pada nutrition label. Ini menunjukkan bahwa bahkan pada produk makanan sehat, peran nutrition label belum menjadi hal penting untuk membentuk perilaku pasca pembelian yang positif, setidaknya dalam kasus Cimory Yogurt.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Label nutrisi, Asosiasi merek, Keputusan pembelian, Family orientation |
Subjects: | Manufacturing Technology Manufacturing Technology > Domestic Commerce, Marketing, & Economics Economics and Business > Consumer Affairs |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 12 May 2023 10:17 |
Last Modified: | 12 May 2023 10:17 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16533 |