Penerapan technology acceptance model (TAM) terhadap perilaku konsumen mobile banking di Surabaya

Widya, Wulandari and Edwin, Japarianto and Trixie, Nova Bella Tandijaya (2022) Penerapan technology acceptance model (TAM) terhadap perilaku konsumen mobile banking di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16 (2): 8. pp. 126-132. ISSN 1907-235X

[thumbnail of Jurnal_Widya Wulandari_Universitas Kristen Petra Surabaya_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Widya Wulandari_Universitas Kristen Petra Surabaya_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (306kB) | Preview

Abstract

Perkembangan digitalisasi yang terjadi telah mengubah kebutuhan serta perilaku pelanggan pada saat ini, salah satunya pada sektor Perbankan. Bank merupakan perusahaan dengan fokus yang berorientasi kepada pelanggan dan pihak bank berusaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menciptakan aplikasi mobile banking yang bisa membantu transaksi perbankan dengan menggunakan smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penerapan Technology Acceptance Model (TAM) dengan melibatkan perceived usefulness, behavioral intention to use dan attitude toward using sebagai variabel intervening pada perilaku konsumen mobile banking di Surabaya. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa manfaat kegunaan dari suatu sistem teknologi dapat mempengaruhi minat perilaku penggunaan sistem teknologi tersebut yang disertai dengan sikap penggunaan secara positif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perceived usefulness, Attitude toward using, Behavioral intention to use.
Subjects: Administration & Management > Management Practice
Economics and Business > Consumer Affairs
Economics and Business > Banking & Finance
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 12 May 2023 09:24
Last Modified: 12 May 2023 09:24
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16532

Actions (login required)

View Item
View Item