Faktor-faktor yang mempengaruhi perceived value dan implikasinya kepada intention to subscribe serta pengaruhnya terhadap social influence pada aplikasi streaming film Disney Plus Hotstar

Niko, Juliandhono and Margaret, Pink Berlianto (2022) Faktor-faktor yang mempengaruhi perceived value dan implikasinya kepada intention to subscribe serta pengaruhnya terhadap social influence pada aplikasi streaming film Disney Plus Hotstar. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16 (2): 3. pp. 77-86. ISSN 1907-235X

[thumbnail of Jurnal_Niko Juliandhono_Universitas Pelita Harapan_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Niko Juliandhono_Universitas Pelita Harapan_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (393kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk menginvestigasi faktor apa saja yang dapat mempengaruhi atau menghambat niat individu untuk berlangganan aplikasi streaming berbayar Disney Plus Hotstar. Penelitian ini juga dilakukan berdasarkan hubungan antara dua variabel utama yaitu Perceived Value dan implikasinya terhadap Intention to subscribe. Populasi dari penelitian ini adalah individu dalam usia produktif, berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang & Banten dan pastinya yang berlangganan aplikasi streaming Disney Plus Hotstar dengan durasi berlangganan dari satu sampai tiga bulan, empat sampai enam bulan, tujuh sampai sembilan bulan, sembilan sampai dua belas bulan dan sudah lebih dari satu tahun. Hasil empiris dari penelitian ini menunjukan bahwa pengguna memperhitungkan nilai yang dirasakan, manfaat yang dirasakan dan kompatibilitas yang dirasakan dapat berpengaruh positif terhadap keinginan untuk berlangganan aplikasi streaming Disney Plus Hotstar. Selain faktor tersebut, terdapat pengaruh sosial sebagai faktor eksternal yang dapat mempengaruhi keinginan untuk berlangganan aplikasi streaming Disney Plus Hotstar. Sedangkan biaya dan perbandingan terhadap kegunaan aplikasi streaming ilegal adalah faktor penghalang untuk individu berlangganan aplikasi streaming Disney Plus Hotstar. Penelitian ini disusun dengan harapan dapat memberikan pandangan pengguna terhadap aplikasi streaming berbayar Disney Plus Hotstar sebagai acuan atau panduan kepada pemilik dan pengembang agar dapat memperluas konsumen, memberikan nilai tambahan terhadap konsumen dan mengetahui apa saja penghambatnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perceived value, Intention to subscribe, Social influence, Streaming, Disney plus hotstar
Subjects: Manufacturing Technology > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 12 May 2023 08:30
Last Modified: 12 May 2023 08:30
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16528

Actions (login required)

View Item
View Item