Kesulitan belajar matematika siswa SMA pada pokok bahasan persamaan trigonometri di Kampung Pasanggrahan

Rosikh, Fauziah and Nitta, Puspitasari (2022) Kesulitan belajar matematika siswa SMA pada pokok bahasan persamaan trigonometri di Kampung Pasanggrahan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2): 14. pp. 325-334. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Rosikh Fauziah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Rosikh Fauziah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (304kB) | Preview

Abstract

Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan belajar siswa dalam pelajaran matematika.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi Persamaan Trigonometri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kampung Pasanggrahan Garut. Subjek penelitian yaitu empat siswa SMA kelas XI yang diambil secara acak. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan suatu persamaan trigonometri dasar, kesulitan dalam memodelkan masalah yang berkaitan dengan persamaan trigonometri, kesulitan menentukan suatu persamaan trigonometri serta himpunan penyelesaiannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar matematika, Persamaan trigonometri, Kampung Pasanggrahan
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 09 May 2023 05:11
Last Modified: 09 May 2023 05:11
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16277

Actions (login required)

View Item
View Item