Rosikh, Fauziah and Nitta, Puspitasari (2022) Kesulitan belajar matematika siswa SMA pada pokok bahasan persamaan trigonometri di Kampung Pasanggrahan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2): 14. pp. 325-334. ISSN 2798-2904
Jurnal_Rosikh Fauziah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (304kB) | Preview
Abstract
Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan belajar siswa dalam pelajaran matematika.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi Persamaan Trigonometri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kampung Pasanggrahan Garut. Subjek penelitian yaitu empat siswa SMA kelas XI yang diambil secara acak. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan suatu persamaan trigonometri dasar, kesulitan dalam memodelkan masalah yang berkaitan dengan persamaan trigonometri, kesulitan menentukan suatu persamaan trigonometri serta himpunan penyelesaiannya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan belajar matematika, Persamaan trigonometri, Kampung Pasanggrahan |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 09 May 2023 05:11 |
Last Modified: | 09 May 2023 05:11 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16277 |