Jia, Arina and Reni, Nuraeni (2022) Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMK di Ponpes Nurul Huda. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2): 13. pp. 315-324. ISSN 2798-2904
Jurnal_Jia Arina_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (269kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal verbal/cerita yang berdampak pada rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal materi Fungsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal komunikasi matematis materi Fungsi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Pondok pesantren Nurul Huda dengan subjek penelitian sebanyak 17 siswa. Instrumen penelitian berupa tes uraian berjumlah empat soal dan wawancara. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa siswa belum memahami bentuk soal secara keseluruhan dan masih mengalami kesulitan dalam proses penyelesaian dan juga penggunaan simbol-simbol matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan komunikasi matematis, Ponpes Nurul Huda, Siswa SMK |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 09 May 2023 05:10 |
Last Modified: | 09 May 2023 05:10 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16271 |