Ega, Sulastri and Deddy, Sofyan (2022) Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self regulated learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2): 11. pp. 289-302. ISSN 2798-2904
Jurnal_Ega Sulastri_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (562kB) | Preview
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis masih rendah. Perlu analisis untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis, diantaranya ditinjau dari self regulated learning siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian yaitu tiga siswa kelas VIII SMP di Cimuncang, dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis, angket self regulated learning siswa, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua subjek dengan kategori self regulated learning tinggi, salah satunya belum memenuhi keempat indikator yang diaplikasikan dalam tes kemampuan komunikasi matematis. Sedangkan satu lainnya mampu memenuhi dua indikator. Satu siswa dengan self regulated learning sedang belum memenuhi satupun indikator kemampuan komunikasi matematis. Self regulated learning menjadi faktor yang perlu diperhatikan terkait dengan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan komunikasi matematis, Self regulated learning, Sistem persamaan linear dua Variabel. |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 09 May 2023 05:07 |
Last Modified: | 09 May 2023 05:07 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16268 |