Rini, Fauziah Sari and Ekasatya, Aldila Afriansyah (2022) Kemampuan berpikir kreatif matematis dan belief siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2): 10. pp. 275-288. ISSN 2798-2904
Jurnal_Rini Fauziah Sari_SMK Bidara Mukti Garut_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (509kB) | Preview
Abstract
Beberapa penelitian menyatakan bahwa siswa SMP, SMA, maupun SMK memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis yang rendah. Bagaimana matematika yang diajarkan di kelas, sedikit demi sedikit mempengaruhi kepercayaan siswa terhadap matematika sehingga belief siswa terhadap matematika dipengaruhi situasi pembelajaran di kelas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis dan belief siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berada di Desa Wanakerta berjumlah 7 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis, angket belief, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa termasuk kategori sedang dengan persentase sebesar 58% dan belief siswa termasuk kategori baik dengan persentase sebesar 76%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Belief, Kemampuan berpikir kreatif matematis, Persamaan, Pertidaksamaan linear |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 09 May 2023 05:06 |
Last Modified: | 09 May 2023 05:06 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16262 |