Firyal, Anan Salma and Tina, Sri Sumartini (2022) Kemampuan representasi matematis siswa antara yang mendapatkan pembelajaran contextual teaching and learning dan discovery learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2): 9. pp. 265-274. ISSN 2798-2904
Jurnal_Firyal Anan Salma_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (256kB) | Preview
Abstract
Beberapa alasan perlunya kemampuan representasi yaitu untuk membangun konsep dan berpikir matematis, serta untuk memiliki kemampuan pemahaman konsep baik yang dapat digunakan dalam pemecahan masalah.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Discovery Learning. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Garut. Teknis pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan sampel sebanyak dua kelas. Diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan model pembelajaran Discovery Learning, kualitas peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Discovery Learning berinterpretasi sedang, dan sikap siswa terhadap model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Discovery Learning berinterpretasi cukup.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual teaching and learning, Discovery learning, Kemampuan representasi matematis |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 09 May 2023 04:56 |
Last Modified: | 09 May 2023 04:56 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16261 |