Muhammad, Haikal Abror (2022) Self-regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2): 6. pp. 233-242. ISSN 2798-2904
Jurnal_Muhammad Haikal Abror_UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (265kB) | Preview
Abstract
Self-regulated learning merupakan salah satu faktor penting dalam pembelajaran untuk mengendalikan diri dalam berpikir maupun bertindak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self-regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis korelasional dan expost facto. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VII dan VIII pada salah satu SMP Negeri di Kota Serang dengan rincian 20 siswa kelas VII dan 20 siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan berbentuk non-tes yang berisi butir positif dan negatif. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis inferensial menggunakan software SPSS 25.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh self-regulated learning atau kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-regulated learning, Kemandirian belajar, Hasil belajar matematika |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 09 May 2023 04:14 |
Last Modified: | 09 May 2023 04:14 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16255 |