Firza, Azkiah and Rostina, Sundayana (2022) Kemampuan representasi matematis siswa SMP berdasarkan self-efficacy siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2): 5. pp. 221-232. ISSN 2798-2904
Jurnal_Firza Azkiah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (438kB) | Preview
Abstract
Kemampuan representasi matematis penting dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMP berdasarkan self-efficacy dengan dimensi generality, level dan strenght. Subjek penelitian kualitatif deskriptif ini terdiri dari tiga orang siswa kelas VII di Desa Cibunar. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan wawancara. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi matematis pada siswa yang memenuhi ketiga dimensi self efficacy belum mampu memenuhi indikator membuat model matematis dari permasalahan yang diberikan dan menyajikan kembali data atau informasi representasi ke representasi diagram, grafik, atau tabel. Dua siswa yang memenuhi dua dimensi self-efficacy sama-sama hanya mampu mencapai satu indikator kemampuan representasi matematis yaitu menggunakan diagram sebagai fasilitas penyelesaiannya. Hal ini menunjukkan self efficacy berpengaruh pada kemampuan representasi matematis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan representasi matematis, Self Efficacy, Siswa SMP |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 09 May 2023 03:55 |
Last Modified: | 09 May 2023 03:55 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16253 |