Sayida, Amalia (2022) Media Google classroom berbantuan Whatsapp terhadap hasil belajar matematika siswa MTs. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2): 4. pp. 211-220. ISSN 2798-2904
Jurnal_Sayida Amalia_ Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungangung_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (322kB) | Preview
Abstract
Salah satu media pembelajaran E-learning yang cukup dikenal masyarakat yaitu Google Classroom.Demi meningkatkan efektifitas penggunaan Google Classroom, diperlukan aplikasi penunjang yang familiar dan sering digunakan, yaitu WhatsApp.Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh dan besar pengaruh media pembelajaran Google Classroom berbantuan Whatsapp terhadap hasil belajar metematika siswa kelas VII di MTs Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen semu (quasi eksperimen). Teknik sampling yaitu random sampling. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VII sebanyak 120 siswa. Sampel penelitian yaitu kelas VII A dan VII B sebanyak 42 siswa. Metode pengambilan data melalui tes hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 26.0. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media Google Classroom berbantuan Whatsapp terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri, dan (2) Berdasarkan nilai cohen’s penggunaan media Google Classroom berbantuan Whatsapp terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri memiliki efek besar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Google classroom berbantuan Whatsapp, Hasil belajar matematika, Siswa MTs |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 08 May 2023 05:22 |
Last Modified: | 08 May 2023 05:22 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16227 |