Muniri, Muniri and Erika, Yulistiyah (2022) Representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear ditinjau dari gaya kognitif reflektif-implusif. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2): 3. pp. 201-210. ISSN 2798-2904
Jurnal_Muniri_UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungangung-2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (253kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan representasi matematis siswa bergaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dan untuk mendeskripsikan representasi matematis siswa bergaya kognitif implusif dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear. Peneliti menetapkan empat subjek penelitian dari hasil tes gaya kognitif reflektif-implusif yang terdiri dari dua subjek bergaya kognitif reflektif dan dua subjek bergaya kognitif implusif. Peneliti melakukan tes masalah sistem persamaan linear dan wawancara terhadap ke empat subjek tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa bergaya kognitif reflektif mampu menyelesaikan masalah sistem persamaan linear menggunakan representasi visual dan simbolik, serta siswa bergaya kognitif reflektif mampu menggunakan representasi verbal namun masih kurang tepat. sedangkan sisiwa bergaya kongnitif implusif mampu menyelesaikan masalah sistem persamaan linear menggunakan representasi verbal.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Represetasi matematis, Sistem persamaan linear, Gaya kognitif reflektif-implusif |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 08 May 2023 05:21 |
Last Modified: | 08 May 2023 05:21 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16225 |