Khusnul, Dwi Rahmawati and Dwi, Astuti (2022) Kemampuan penalaran matematis siswa SMA pada materi pertidaksamaan dua variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2): 2. pp. 187-200. ISSN 2798-2904
Jurnal_Khusnul Dwi Rahmawati_Universitas Ahmad Dahlan Bantul_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (402kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa SMA pada materi Pertidaksamaan Dua Variabel yang dikategorikan ke dalam lima kategori yaitu sangat baik, baik, cukup, kurang, dan sangat kurang. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 3 di SMAN 2 Bantul sebanyak 31 siswa. Instrumennya yaitu instrumen tes kemampuan penalaran matematis dan wawancara. Bentuk tes kemampuan penalaran matematis yang disajikan sebanyak 2 butir soal dan wawancara kepada beberapa siswa yang terpilih pada setiap kategori. Berdasarkan hasil analisis tes kemampuan penalaran matematis dan wawancara diperoleh hasil sebesar 22,58% kategori sangat baik (7 siswa), 6,45% kategori baik (2 siswa), 48,39% kategori cukup (15 siswa), 16,13% kategori kurang (5 siswa), dan 6,45% kategori sangat kurang (2 siswa).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penalaran matematis, Pertidaksamaan dua variabel, Siswa SMA |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 08 May 2023 05:20 |
Last Modified: | 08 May 2023 05:20 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16224 |