Kemampuan penalaran matematis siswa SMA pada materi pertidaksamaan dua variabel

Khusnul, Dwi Rahmawati and Dwi, Astuti (2022) Kemampuan penalaran matematis siswa SMA pada materi pertidaksamaan dua variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2): 2. pp. 187-200. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Khusnul Dwi Rahmawati_Universitas Ahmad Dahlan Bantul_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Khusnul Dwi Rahmawati_Universitas Ahmad Dahlan Bantul_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (402kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa SMA pada materi Pertidaksamaan Dua Variabel yang dikategorikan ke dalam lima kategori yaitu sangat baik, baik, cukup, kurang, dan sangat kurang. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 3 di SMAN 2 Bantul sebanyak 31 siswa. Instrumennya yaitu instrumen tes kemampuan penalaran matematis dan wawancara. Bentuk tes kemampuan penalaran matematis yang disajikan sebanyak 2 butir soal dan wawancara kepada beberapa siswa yang terpilih pada setiap kategori. Berdasarkan hasil analisis tes kemampuan penalaran matematis dan wawancara diperoleh hasil sebesar 22,58% kategori sangat baik (7 siswa), 6,45% kategori baik (2 siswa), 48,39% kategori cukup (15 siswa), 16,13% kategori kurang (5 siswa), dan 6,45% kategori sangat kurang (2 siswa).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penalaran matematis, Pertidaksamaan dua variabel, Siswa SMA
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 08 May 2023 05:20
Last Modified: 08 May 2023 05:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16224

Actions (login required)

View Item
View Item