Martha, Wida Kusuma Dewi and Reni, Nuraeni (2022) Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP ditinjau dari self-efficacy pada materi perbandingan di Desa Karangpawitan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1): 14. pp. 151-164. ISSN 2798-2904
Jurnal_Martha Wida Kusuma Dewi_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (269kB) | Preview
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan untuk mengorganisasi pikiran matematika, mengomunikasikan gagasan matematika secara logis dan jelas kepada orang lain, menganalisis dan mengevaluasi pikiran matematika dan strategi yang digunakan orang lain, dan menggunakan bahasa matematika untuk menyatakan ide-ide secara tepat. Pentingnya kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika kenyataannya harus didukung pula oleh aspek afektif yang turut berperan memberikan kontribusi terhadap keberhasilan belajar seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self-efficacy pada materi Perbandingan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah lima orang siswa kelas VII di Desa Karangpawitan. Teknik sampling yang digunakan, yaitu teknik simple random sampling dengan kriteria pengambilan subjek disesuaikan dengan ketersediaan siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal tes tertulis, wawancara, dan angket. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa tingkat self-efficacy memengaruhi tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Kkomunikasi matematis, Perbandingan, Self-efficacy |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 08 May 2023 05:16 |
Last Modified: | 08 May 2023 05:16 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16208 |