Hanisah, Hanisah and Mega, Achdisty Noordyana (2022) Kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi penyajian data di Desa Bojong. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1): 12. pp. 131-140. ISSN 2798-2904
Jurnal_Hanisah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (257kB) | Preview
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis akan membuat seseorang bisa menggunakan matematika untuk kepentingan sendiri maupun orang lain sehingga akan meningkatkan sikap positif terhadap matematika. Kemampuan komunikasi matematis siswa pada umumya masih rendah, baik secara lisan maupun tulisan. Rendahnya komunikasi matematis terlihat karena siswa sangat jarang mengemukakan ide-ide matematikanya secara lisan dengan bahasa matematika yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa MTs kelas VIII pada materi Penyajian Data. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, tes, wawancara, instrumen pengumpulan data dan dokumentasi, dengan teknik analisis data menggunakan model analisis Milles dan Huberman. Subjek penelitian adalah lima orang siswa MTs kelas VIII tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian belum menguasai semua indikator kemampuan komunikasi matematis. Hal ini terlihat dari hasil jawaban subjek penelitian yang masih banyak melakukan kesalahan ketika menjawab soal yang diberikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi matematis, Penyajian data, Siswa MTs |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 08 May 2023 05:13 |
Last Modified: | 08 May 2023 05:13 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16205 |