Anita, Febriyani and Arif, Rahman Hakim and Nadun, Nadun (2022) Peran disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1): 8. pp. 87-100. ISSN 2798-2904
Jurnal_Anita Febriyani_Universitas Indraprasta PGRI Jakarta_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (295kB) | Preview
Abstract
Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sulit, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika serta mengalami dampak buruk bagi sikap dan motivasi belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kompetensi yang dimiliki siswa dalam hal memahami konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Metode penelitiannya yaitu penelitian kuantitatif dengan metode survai korelasional analisis regresi sederhana. Populasi target yaitu seluruh siswa SMP Islam Malahayati. Populasi terjangkau hanya siswa kelas VIII SMP Islam Malahayati. Sampel penelitian berjumlah 26 responden dengan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Instrumen penelitian berupa angket disposisi matematis dan soal essai kemampuan pemahaman konsep matematika. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi dan uji regresi sederhana. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif tidak signifikan disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disposisi matematis, Pemahaman Konsep matematika, Pembelajaran matematika |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 08 May 2023 05:08 |
Last Modified: | 08 May 2023 05:08 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16188 |