Icmi, Santry Nova and Aan, Putra (2022) Eksplorasi etnomatematika pada cerita rakyat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1): 6. pp. 67-76. ISSN 2798-2904
Jurnal_Icmi Santry Nova_IAIN Kerinci_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (242kB) | Preview
Abstract
Pentingnya konteks kehidupan yang nyata dalam pembelajaran matematika yaitu karena sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan matematika pada kehidupan sehari-hari.Kebudayaan merapakan salah satu media dalam pembelajaran. Indonesia terkenal dengan keragaman Budaya yang dimiliki, salah satunya adalah cerita rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan Eksplorasi Etnomatematika pada cerita rakyat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan semua artikel yang memiliki penelitian serupa dengan laporan penelitian ini. Artikel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 7 artikel jurnal nasional terakreditasi yang di himpun dari google schoolar. Berdasarkan beberapa artikel yang direview diperoleh kesimpulan bahwa secara spesifik, hanya terdapat 1 artikel yang menggunakan cerita rakyat untuk menggali unsur matematika. Dapat dikatakan bahwa pengintegrasian cerita rakyat pada pembelajaran matematika masih sangat sedikit sekali, sehingga diperlukan penelitian lanjutan untuk menambah kebaruan Etnomatematika pada cerita rakyat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika, Cerita rakyat, Konteks |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 08 May 2023 05:05 |
Last Modified: | 08 May 2023 05:05 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16185 |