Alti Yulinawati and Reni Nuraeni (2021) Kemampuan representasi matematis ditinjau dari self-confidence siswa pada materi statistika di Desa Talagasari. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (3): 12. pp. 519-530. ISSN 2798-2904
Jurnal_Alti Yulinawati_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (291kB) | Preview
Abstract
Kesulitan dalam mempresentasikan ide-ide matematik dalam membuat persamaan matematis atau menggambarkan grafik dari suatu permasalahan yang akan menghambat siswa dalam menentukan penyelesaian dari permasalahan matematika yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari self-confidence pada materi Statistika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Desa Talagasari dengan subjek penelitian 8 siswa kelas VIII SMP/MTs sederajat. Instrumen penelitiannya adalah tes kemampuan representasi matematis, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan representasi matematis siswa terbagi menjadi 3 kategori, yaitu memiliki kemampuan representasi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa tingkat self-confidence mempengaruhi tingkat kemampuan representasi matematis siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan representasi matematis, Self-confidence, Statistika |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 07 May 2023 07:44 |
Last Modified: | 12 May 2023 07:09 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16137 |