Mutia, Nur Arofah and Mega, Achdisty Noordyana (2021) Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa pada materi lingkaran di Kelurahan Muarasanding. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (3): 4. pp. 421-434. ISSN 2798-2904
Jurnal_Mutia Nur Arofah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (544kB) | Preview
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah sangat penting bagi siswa karena dengan siswa mampu menyelesaikan suatu masalah siswa memperoleh pengalaman, menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki oleh siswa untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa pada materi Lingkaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Muarasanding Kec. Garut Kota. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel penelitian yaitu 4 siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemandirian belajar baik maka kemampuan pemecahan masalah matematisnya pun akan baik, dan siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah maka kemampuan pemecahan masalah matematisnyapun akan rendah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah matematis, Kemandirian belajar, Lingkaran |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 05 May 2023 12:36 |
Last Modified: | 05 May 2023 12:36 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16129 |