Kesulitan belajar matematika siswa melalui pembelajaran jarak jauh

Linda, Komala Sari and Sukanto, Sukandar Madio (2021) Kesulitan belajar matematika siswa melalui pembelajaran jarak jauh. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (3): 3. pp. 409-420. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Linda Komala Sari_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Linda Komala Sari_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (251kB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar yang terjadi selama pembelajaran jarak jauh mempengaruhi prestasi dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika melalui pendidikan jarak jauh. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah tiga siswa kelas XI di Kp. Campaka, Garut. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara. Temuan dalam penelitian ini beberapa kesulitan belajar yang dialami siswa selama pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran matematika. Kesulitan tersebut yaitu sulit untuk memahami materi matematika yang disampaikan, koneksi internet yang tidak stabil, serta lingkungan belajar yang kurang mendukung untuk berlangsungannya pembelajaran jarak jauh. Kesulitan tersebut berpengaruh terhadap faktor psikologis siswa, terutama minat belajar siswa. Kesulitan-kesulitan yang muncul dalam pembelajaran matematika jarak jauh sebaiknya diperbaiki untuk meningkatkan keberhasilan belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar, Matematika, Pembelajaran jarak jauh
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 May 2023 12:35
Last Modified: 05 May 2023 12:35
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16128

Actions (login required)

View Item
View Item