Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah melalui pendekatan konstekstual dan matematika realistik

Anggia, Suci Nur Aisyah and Sukanto, Sukandar Madio (2021) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah melalui pendekatan konstekstual dan matematika realistik. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2): 14. pp. 363-372. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Anggia Suci Nur Aisyah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Anggia Suci Nur Aisyah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (220kB) | Preview

Abstract

Kemampuan representasi matematis masih rendah. Tujuan penelitian yaitu mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran berbasis masalah melalui pendekatan kontekstual dan matematika realistik. Metode penelitian yaitu kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII salah satu SMP swasta di Kadungora. Sampel yaitu kelas VIII-A dan kelas VIII-C. Data diperoleh melalui tes uraian kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran berbasis masalah melalui pendekatan kontekstual dan matematika realistic.Kualitas peningkatan kemampuan representasi matematis berinterpretasi sedang. Pendekatan kontekstual dan pendekatan matematika realistik, keduanya dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan reRepresentasi matematis, Pembelajaran berbasis masalah, Pendekatan kontekstual, Pendekatan matematika realistik
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 May 2023 11:04
Last Modified: 05 May 2023 11:04
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16104

Actions (login required)

View Item
View Item