Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model think pair share dan problem based learning

Ine, Lestari and Irena, Puji Luritawaty (2021) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model think pair share dan problem based learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2): 13. pp. 353-362. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Ine Lestari_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Ine Lestari_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (246kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis masih rendah. Perlu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, diantaranya menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan Problem Based Learning. Penelitian dilakukan untuk mengetahui peningkatan dan kualitas peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan kedua model pembelajaran tersebut. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII salah satu SMP Negeri di Garut. Sampel dipilih secara acak yaitu kelas VII-G sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII-H sebagai kelas eksperimen II. Instrumen berupa tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan dan kualitas peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik daripada Problem Based Learning. Model pembelajaran Think Pair Share lebih direkomendasikan untuk diterapkan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemahaman konsep matematis, Think pair share, Problem based learning
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 May 2023 11:03
Last Modified: 05 May 2023 11:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16103

Actions (login required)

View Item
View Item