Kemampuan koneksi matematis melalui model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, and extending dan means ends analysis

Nuri, Dwi Indriani and Mega, Achdisty Noordyana (2021) Kemampuan koneksi matematis melalui model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, and extending dan means ends analysis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2): 12. pp. 339-352. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Nuri Dwi Indriani_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Nuri Dwi Indriani_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (264kB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematis siswarendah. Upaya meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa diantaranya dengan menerapkan model pembelajaran yang menekankan keaktifan siswa seperti Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE) dan Means Ends Analysis (MEA). Penelitian bertujuan mengkaji perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran CORE dengan MEA. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI salah satu SMA Negeri di Garut. Sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian kemampuan koneksi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran CORE dengan MEA, dengan kualitas peningkatan berinterpretasi sedang. Model pembelajaran CORE lebih baik dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CORE, Kemampuan koneksi matematis, MEA
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 May 2023 11:02
Last Modified: 05 May 2023 11:02
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16102

Actions (login required)

View Item
View Item