Nuri, Dwi Indriani and Mega, Achdisty Noordyana (2021) Kemampuan koneksi matematis melalui model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, and extending dan means ends analysis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2): 12. pp. 339-352. ISSN 2798-2904
Jurnal_Nuri Dwi Indriani_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (264kB) | Preview
Abstract
Kemampuan koneksi matematis siswarendah. Upaya meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa diantaranya dengan menerapkan model pembelajaran yang menekankan keaktifan siswa seperti Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE) dan Means Ends Analysis (MEA). Penelitian bertujuan mengkaji perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran CORE dengan MEA. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI salah satu SMA Negeri di Garut. Sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian kemampuan koneksi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran CORE dengan MEA, dengan kualitas peningkatan berinterpretasi sedang. Model pembelajaran CORE lebih baik dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CORE, Kemampuan koneksi matematis, MEA |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 05 May 2023 11:02 |
Last Modified: | 05 May 2023 11:02 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16102 |