Kemampuan representasi matematis siswa melalui model problem based learning dan probing prompting learning

Suwanti, Suwanti and Iyam, Maryati (2021) Kemampuan representasi matematis siswa melalui model problem based learning dan probing prompting learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2): 9. pp. 303-314. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Suwanti_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Suwanti_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (322kB) | Preview

Abstract

Kemampuan representasi matematis siswa rendah. Upaya meningkatkan kemampuan representasi matematis diantanya melakukan inovasi model pembelajaran. Tujuan penelitian untuk menganalisis perbedaan dan kualitas peningkatan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning dengan probing prompting learning, beserta respon sikap siswa. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII salah satu SMP swasta di Garut tahun ajaran 2018/2019, sampelnya yaitu kelas VIII-A dan VIII-B. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning dengan probing prompting learning, kualitas peningkatan kemampuan representasi matematis siswa kedua kelas berinterpretasi sedang, dan sikap siswa berinterpretasi baik. Model pembelajaran problem based learning dengan probing prompting learning dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan representasi matematis, Problem based learning, Probing prompting learning
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 May 2023 10:58
Last Modified: 05 May 2023 10:58
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16099

Actions (login required)

View Item
View Item