Suwanti, Suwanti and Iyam, Maryati (2021) Kemampuan representasi matematis siswa melalui model problem based learning dan probing prompting learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2): 9. pp. 303-314. ISSN 2798-2904
Jurnal_Suwanti_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (322kB) | Preview
Abstract
Kemampuan representasi matematis siswa rendah. Upaya meningkatkan kemampuan representasi matematis diantanya melakukan inovasi model pembelajaran. Tujuan penelitian untuk menganalisis perbedaan dan kualitas peningkatan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning dengan probing prompting learning, beserta respon sikap siswa. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII salah satu SMP swasta di Garut tahun ajaran 2018/2019, sampelnya yaitu kelas VIII-A dan VIII-B. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning dengan probing prompting learning, kualitas peningkatan kemampuan representasi matematis siswa kedua kelas berinterpretasi sedang, dan sikap siswa berinterpretasi baik. Model pembelajaran problem based learning dengan probing prompting learning dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan representasi matematis, Problem based learning, Probing prompting learning |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 05 May 2023 10:58 |
Last Modified: | 05 May 2023 10:58 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16099 |