Alpia, Nadia Lesi and Reni, Nuraeni (2021) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa antara model TPS dan PBL. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2): 5. pp. 249-262. ISSN 2798-2904
Jurnal_Alpia Nadia Lesi_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (313kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis. Terdapat aspek penting lain juga yaitu self-confidence (kepercayaan diri), menjadi salah satu sikap yang mendapatkan perhatian.Model pembelajaran yang diduga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-cofidence pada siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence antara siswa yang mendapatkan model TPSdan PBL. Metode penelitiannya adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X MAN 2 Garut. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yaitu kelas X MIA-1 sebanyak 29 siswa dan kelas X MIA-3 sebanyak 31 siswa. Instrumen penelitian berupa tes uraian kemampuan pemecahan masalah dan angket self-confidence.Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapatkan model TPS dan PBL. Interpretasi self-confidence siswa model TPS dan PBL berada pada kategori cukup.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah matematis, Self-confidence, TPS, Think pair share, PBL, Problem based learning. |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 05 May 2023 10:50 |
Last Modified: | 05 May 2023 10:50 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16085 |