Kemandirian belajar dan persepsi siswa mengenai guru terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK

Lusiana, Lusiana and Armiati, Armiati and Yerizon, Yerizon (2022) Kemandirian belajar dan persepsi siswa mengenai guru terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1): 14. pp. 155-166. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Lusiana_Universitas Negeri Padang_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Lusiana_Universitas Negeri Padang_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (563kB) | Preview

Abstract

Kemandirian belajar, persepsi siswa, dan kemampuan pemecahan masalah merupakan faktor penting dalam belajar matematika. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan persepsi siswa mengenai guru secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian deskriptif kuantitaif korelasional ini dilakukan pada 120 siswa kelas X salah satu SMK di Koto Baru yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen berupa angket kemandirian belajar dan persepsi siswa mengenai guru, serta tes soal essay. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa mengenai guru terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan pengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar dan persepsi siswa mengenai guru terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Faktor kemandirian belajar dan persepsi siswa perlu diperhatikan dengan baik untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemandirian belajar, Persepsi siswa mengenai guru, Pemecahan masalah
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 May 2023 08:14
Last Modified: 05 May 2023 08:14
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16075

Actions (login required)

View Item
View Item