Lusiana, Lusiana and Armiati, Armiati and Yerizon, Yerizon (2022) Kemandirian belajar dan persepsi siswa mengenai guru terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1): 14. pp. 155-166. ISSN 2086-4280
Jurnal_Lusiana_Universitas Negeri Padang_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (563kB) | Preview
Abstract
Kemandirian belajar, persepsi siswa, dan kemampuan pemecahan masalah merupakan faktor penting dalam belajar matematika. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan persepsi siswa mengenai guru secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian deskriptif kuantitaif korelasional ini dilakukan pada 120 siswa kelas X salah satu SMK di Koto Baru yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen berupa angket kemandirian belajar dan persepsi siswa mengenai guru, serta tes soal essay. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa mengenai guru terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan pengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar dan persepsi siswa mengenai guru terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Faktor kemandirian belajar dan persepsi siswa perlu diperhatikan dengan baik untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian belajar, Persepsi siswa mengenai guru, Pemecahan masalah |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 05 May 2023 08:14 |
Last Modified: | 05 May 2023 08:14 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16075 |