Analisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik SMP ditinjau dari self efficacy

Rahmad, Prajono and Dayangku, Yasmin Gunarti and Mustamin, Anggo (2022) Analisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik SMP ditinjau dari self efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1): 13. pp. 143-154. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Rahmad Prajono_Universitas Halu Oleo_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Rahmad Prajono_Universitas Halu Oleo_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (858kB) | Preview

Abstract

Untuk berbagai tingkatan self efficacy, kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan yang wajib dimiliki oleh peserta didik di abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII ditinjau dari self efficacy. Jenis penelitian ini adalah eksploratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang peserta didik yang berasal dari kelas VIII-1 yaitu subjek self efficacy tinggi, sedang dan rendah. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket self efficacy, tes Kemampuan Berpikir Kritis Matematis (KBKM) serta wawancara. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) Peserta didik dengan self efficacy tinggi memiliki KBKM yang sangat baik; (2) Peserta didik dengan self efficacy sedang memiliki KBKM yang cukup baik; dan (3) Peserta didik dengan self efficacy rendah memiliki KBKM yang kurang baik. Dari hasil ini, guru disarankan memperhatikan aspek self efficacy peserta didik dalam upaya melatih kemampuan berpikir kritis matematis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan berpikir kritis matematis, Self efficacy
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 May 2023 08:13
Last Modified: 05 May 2023 08:13
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16074

Actions (login required)

View Item
View Item