Pengembangan komik petualangan Zahlen sebagai media pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar

Pernando, Cahyo Putro and Danang, Setyadi (2022) Pengembangan komik petualangan Zahlen sebagai media pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1): 12. pp. 131-142. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Pernando Cahyo Putro_Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Pernando Cahyo Putro_Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (884kB) | Preview

Abstract

Materi bangun ruang sisi datar berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari, tetapi masih terdapat siswa yang kesulitan karena kurang memahami konsepnya. Dibutuhkan media yang dapat memvisualisasikan konsep bangun ruang sisi datar. Penelitian bertujuan mengembangakan media pembelajaran berupa komik Petualangan Zahlen yang valid, praktis dan efektif untuk peningkatan hasil belajar. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP sebanyak 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket daftar isian dan tes untuk menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil uji kevalidan menunjukkan persentase sebesar 90,14% (lebih dari 90%) yang artinya sangat Valid dan persentase kepraktisan sebesar 96,2% (lebih dari 90%) yang artinya sangat praktis, sedangkan pengujian paired t-test memperoleh perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Sehingga disimpulkan bahwa komik Petualangan Zahlen sudah valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bangun ruang sisi datar, Komik petualangan Zahlen, matematika, Pengembangan
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 May 2023 01:44
Last Modified: 05 May 2023 01:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16072

Actions (login required)

View Item
View Item