Farah Febrianingsih (2022) Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1): 11. pp. 119-130. ISSN 2086-4280
Jurnal_Farah Febrianingsih_Universitas Muhammadiyah Purwokerto_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan siswa untuk menemukan jalan penyelesaian yang tidak biasa, unik dan belum pernah ditemukan oleh orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki oleh siswa. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah 5 siswa kelas VII SMP/MTs di Brebes. Tingkat kemampuan berpikir kreatif dibagi menjadi 5 yaitu, kreatif sekali, kreatif, cukup kreatif, kurang kreatif dan tidak kreatif. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan 5 soal essay materi Aritmatika Sosial yang memuat indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran (fluency), kelenturan (flexybility), keaslian (originallity) dan kerincian (elaboration). Pada penelitian ini, diperoleh 3 siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir sangat kreatif, 1 siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif dan 1 siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif yang rendah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berpikir kreatif, Soal pemecahan masalah matematis, Tingkat kemampuam berpikir kreatif |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 05 May 2023 01:44 |
Last Modified: | 11 May 2023 08:58 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16070 |