Nofita Damayanti and Kartini (2022) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA pada materi barisan dan deret geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1): 10. pp. 107-118. ISSN 2086-4280
Jurnal_Nofita Damayanti_niversitas Riau_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (623kB) | Preview
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan matematis yang perlu dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan kontekstual pada materi barisan dan deret geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan wawancara secara luring. Subjek penelitian yaitu 19 siswa kelas XI MIA SMA Nurul Falah tahun ajaran 2020/2021. Analisis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diihat melalui indikator yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan menafsirkan hasil yang diperoleh. Hasil analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menunjukkan bahwa sebanyak 75,3% siswa telah memiliki kemampuan untuk memahami masalah yang disajikan dengan baik. Sementara itu, hanya 15,70% siswa yang melakukan penafsiran hasil yang perhitungan yang diperoleh.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Kemampuan pemecahan masalah matematis, Barisan dan deret geometri |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 05 May 2023 01:43 |
Last Modified: | 11 May 2023 08:55 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16068 |