Filian Yunita Sari and Nanang Supriadi and Rizki Wahyu Yunian Putra (2022) Model pembelajaran CUPs berbantuan media handout: dampak terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1): 9. pp. 95-106. ISSN 2086-4280
Jurnal_Filian Yunita Sari_UIN Raden Intan Lampung_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (597kB) | Preview
Abstract
Gaya kognitif perlu diketahui untuk membantu pemilihan metode pengajaran yang sesuai kebutuhan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan media handout terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan posttest-only control design. Populasi pada penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP di kota Metro. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian adalah 41 siswa (22 di kelas eksperimen dan 19 di kelas kontrol). Pengujian hipotesis menggunakan uji anava dua jalan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa model pembelajaran CUPs berbantuan media handout mempunyai pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, gaya kognitif field independent dan field dependent mempunyai pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan tipe gaya kognitif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CUPs, Gaya kognitif, Handout, Pemahaman konsep matematis |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 05 May 2023 01:43 |
Last Modified: | 11 May 2023 08:51 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16066 |