Model pembelajaran CUPs berbantuan media handout: dampak terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya kognitif

Filian Yunita Sari and Nanang Supriadi and Rizki Wahyu Yunian Putra (2022) Model pembelajaran CUPs berbantuan media handout: dampak terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1): 9. pp. 95-106. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Filian Yunita Sari_UIN Raden Intan Lampung_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Filian Yunita Sari_UIN Raden Intan Lampung_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (597kB) | Preview

Abstract

Gaya kognitif perlu diketahui untuk membantu pemilihan metode pengajaran yang sesuai kebutuhan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan media handout terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan posttest-only control design. Populasi pada penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP di kota Metro. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian adalah 41 siswa (22 di kelas eksperimen dan 19 di kelas kontrol). Pengujian hipotesis menggunakan uji anava dua jalan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa model pembelajaran CUPs berbantuan media handout mempunyai pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, gaya kognitif field independent dan field dependent mempunyai pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan tipe gaya kognitif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CUPs, Gaya kognitif, Handout, Pemahaman konsep matematis
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 May 2023 01:43
Last Modified: 11 May 2023 08:51
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16066

Actions (login required)

View Item
View Item