Self-confidence matematika siswa dalam penerapan pembelajaran online

Ikhsan Faturohman and Eris Iswara and Sumanang Muhtar Gozali (2022) Self-confidence matematika siswa dalam penerapan pembelajaran online. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1): 8. pp. 85-94. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Ikhsan Faturohman_Universitas Pendidikan Indonesia_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Ikhsan Faturohman_Universitas Pendidikan Indonesia_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (553kB) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan afektif yang harus dimiliki siswa adalah self-confidence. Awal tahun 2020 sistem pendidikan Indonesia menerapkan pembelajaran secara online karena Covid-19. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis self-confidence siswa dalam pembelajaran matematika pada saat penerapan pembelajaran secara daring. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Garut. Sampel dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu, dengan pertimbangan subjek mau bekerjasama selama penelitian dan dipilih satu kelas sebanyak 32 siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket secara online melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan interpretasi Self-Confidence siswa dalam pembelajaran matematika secara umum kelas XI di SMA Negeri 11 garut berada pada kategori sedang atau cukup yang berada pada rentang 2624 ≤ S < 3423. Interpretasi Self-Confidence siswa pada aspek percaya dengan kemampuan diri yang dimiliki dengan kategori cukup, aspek menunjukkan kemandirian dalam mengambil keputusan dengan kategori baik, aspek menunjukkan rasa optimis, bersikap tenang, dan pantang menyerah dengan kategori cukup, dan aspek Menunjukkan kemampuan beradaptasi dan bersoasialisasi dengan baik dengan kategori cukup.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Self-Confidence, Deskriptif kualitatif, Pembelajaran online
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 May 2023 01:42
Last Modified: 11 May 2023 08:46
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16065

Actions (login required)

View Item
View Item