Perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa antara problem based learning dan inquiry learning

Neng Intan Purnama Putri and Rostina Sundayana (2021) Perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa antara problem based learning dan inquiry learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1): 13. pp. 157-168. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Neng Intan Purnama Putri_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Neng Intan Purnama Putri_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (269kB) | Preview

Abstract

Keterampilan komunikasi matematis merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki siswa. Fakta menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis, antara lain model Problem Based Learning dan model Pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah dan model Pembelajaran Inkuiri, menganalisis kualitas peningkatan, dan menganalisis sikap siswa terhadap kedua model tersebut. Metode penelitian adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X salah satu SMA Negeri di Garut, dengan sampel sebanyak 34 siswa di kelas X MIPA 8 sebagai model Problem Based Learning dan 34 siswa di kelas X MIPA 9 dengan model Pembelajaran Inkuiri. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model Problem Based Learning lebih baik daripada model Pembelajaran Inkuiri, kualitas peningkatan keterampilan komunikasi matematis siswa dengan model Problem Based Learning tinggi dan model Pembelajaran Inkuiri sedang. dan respon siswa terhadap model Problem Based Learning cukup dan model Pembelajaran Inkuiri baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi matematika, Pembelajaran berbasis masalah, Pembelajaran inkuiri
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 May 2023 01:41
Last Modified: 11 May 2023 08:32
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16051

Actions (login required)

View Item
View Item