Qoriah Istiqomah and Cici Nurulhaq (2021) Perbandingan kemampuan koneksi matematis siswa antara model pembelajaran discovery learning dan ekspositori. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1): 11. pp. 135-144. ISSN 2798-2904
Jurnal_Qoriah Istiqomah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (251kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu pembelajaran matematika yang masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapat model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MIA SMAN 6 Garut tahun ajaran 2016/2017, sedangkan sampelnya yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan koneksi matematis siswa dalam pembelajaran matematika adalah tes tertulis berupa uraian dan non tes berupa angket. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan : kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapat model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori, peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Discovery Learning berinterpretasi tinggi, sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berinterpretasi baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan koneksi matematis, Model pembelajaran discovery learning, pembelajaran ekspositori. |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 05 May 2023 01:40 |
Last Modified: | 11 May 2023 08:23 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16049 |