Rahmi Wilianti Khairunisa and Basuki (2021) Perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan CIRC. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1): 9. pp. 113-124. ISSN 2798-2904
Jurnal_Rahmi Wilianti Khairunisa_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (247kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran matematika yang diberikan di sekolah harus dapat menuntut siswa agar mereka memiliki kompetensi dasar dalam matematika sesuai dengan tujuan umum pembelajaran matematika. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan tujuan penelitiannya yaitu menelaah perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Think Pair Square (TPS) dengan Cooperative, Integrated, Reading and Composition (CIRC), untuk mengetahui kualitas peningkatan kemampuan komunikasi matematis, dan sikap siswa terhadap model pembelajaran TPS dan CIRC. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Garut dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas VII-H menggunakan model pembelajaran TPS dan VII-I menggunakan model pembelajaran CIRC. Pada penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran TPS lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan model pembelajaran CIRC. Kualitas peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran TPS berinterpretasi baik, sedangkan siswa yang mendapatkan model pembelajaran CIRC berinterpretasi sedang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan komunikasi matematis, Think pair square, TPS, Cooperative, Integrated, Reading and composition, CIRC |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 05 May 2023 01:39 |
Last Modified: | 11 May 2023 08:14 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16045 |