Perbedaan peningkatan kemampuan koneksi dan disposisi matematis siswa antara model pembelajaran CTL dan BBL

Amelia Femisha and Sukanto Sukandar Madio (2021) Perbedaan peningkatan kemampuan koneksi dan disposisi matematis siswa antara model pembelajaran CTL dan BBL. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1): 8. pp. 97-112. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Amellia Femisha_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Amellia Femisha_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (293kB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kompetensi yang penting untuk dikuasai siswa, dan disposisi matematis merupakan kemampuan yang cenderung berfikir secara posisitif tentang matematika. Namun kenyataan menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis dan disposisi matematis yang dimiliki oleh siswa masih rendah. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan disposisi matematis siswa salah satunya menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dan model pembelajaran Brain Based Lerning (BBL). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis dan disposisi matematis antara yang mendapatkan model pembelajaran CTL dengan BBL. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Garut. Sampel pada penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIPA 6 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen I yang mendapat model pembelajaran CTL dan kelas XI MIPA 8 sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen II yang mendapat model pembelajaran BBL. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian dan angket disposisi matematis. Berdasarkan hasil analisis secara statistik diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis dan disposisi matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran CTL dan BBL.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Koneksi matematis, Disposisi matematis Contextual teaching learning, Brain based learning
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 May 2023 01:39
Last Modified: 11 May 2023 08:07
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16044

Actions (login required)

View Item
View Item