Amelia Femisha and Sukanto Sukandar Madio (2021) Perbedaan peningkatan kemampuan koneksi dan disposisi matematis siswa antara model pembelajaran CTL dan BBL. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1): 8. pp. 97-112. ISSN 2798-2904
Jurnal_Amellia Femisha_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (293kB) | Preview
Abstract
Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kompetensi yang penting untuk dikuasai siswa, dan disposisi matematis merupakan kemampuan yang cenderung berfikir secara posisitif tentang matematika. Namun kenyataan menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis dan disposisi matematis yang dimiliki oleh siswa masih rendah. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan disposisi matematis siswa salah satunya menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dan model pembelajaran Brain Based Lerning (BBL). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis dan disposisi matematis antara yang mendapatkan model pembelajaran CTL dengan BBL. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Garut. Sampel pada penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIPA 6 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen I yang mendapat model pembelajaran CTL dan kelas XI MIPA 8 sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen II yang mendapat model pembelajaran BBL. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian dan angket disposisi matematis. Berdasarkan hasil analisis secara statistik diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis dan disposisi matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran CTL dan BBL.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Koneksi matematis, Disposisi matematis Contextual teaching learning, Brain based learning |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 05 May 2023 01:39 |
Last Modified: | 11 May 2023 08:07 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16044 |