Perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa antara problem based learning dan direct instruction

Hana, Hanipah and Tina, Sri Sumartini (2021) Perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa antara problem based learning dan direct instruction. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1): 7. pp. 83-96. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Hana Hanipah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Hana Hanipah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (366kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki oleh siswa masih rendah, sehingga perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa salah satunya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Direct Instruction (DI). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbandingan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran PBL dan DI. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tarogong Kaler Garut. Sampel dipilih berdasarkan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen I yang mendapat model pembelajaran PBL dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen II yang mendapat model pembelajaran DI. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian dan angket. Berdasarkan hasil analisis secara statistik diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran PBL lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran DI dengan interpretasi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dari kedua kelas berinterpretasi sedang serta sikap siswa terhadap pembelajaran melalui model pembelajaran PBL dan DI berinterpretasi cukup.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan komunikasi matematis, Problem based learning, Direct instruction.
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 04 May 2023 12:11
Last Modified: 04 May 2023 12:11
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16041

Actions (login required)

View Item
View Item