Kesalahan siswa SMP pada soal pemecahan masalah berdasarkan tahapan teori Newman

Irna, Rahmayanti and Iyam, Maryati (2021) Kesalahan siswa SMP pada soal pemecahan masalah berdasarkan tahapan teori Newman. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1): 5. pp. 61-70. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Irna Rahmayanti_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Irna Rahmayanti_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (248kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah karena siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit. Bagaimanapun, matematika membutuhkan ketelitian dalam perhitungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dalam pemecahan masalah berdasarkan prosedur teoritis Newman dan untuk mengetahui mengapa siswa melakukan kesalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII kelas VIII tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 4 orang di Kp Cilengkeng Ds Wangunjaya Kecamatan Banjarwangi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, soal tes, dan wawancara, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan hanya pada tahap memahami masalah sebanyak 31,25%, sedangkan pada tahap keterampilan proses sebanyak 50% dan pada tahap menulis jawaban akhir sebanyak 12,50%. Faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa tidak mampu memahami soal dengan baik, kurang paham dengan soal yang diberikan peneliti, tidak mampu mentransformasi kalimat bahasanya untuk menyusun langkah-langkah membuat diagram garis, tidak meluangkan waktu dengan baik. , tidak berhati-hati, cepat dan tidak. dapat menyimpulkan masalah menggunakan kalimat bahasa mereka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan siswa, Soal pemecahan masalah, Tahapan teori Newman, Kualitatif, Siswa SMP
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 04 May 2023 12:07
Last Modified: 04 May 2023 12:07
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16039

Actions (login required)

View Item
View Item